Sabtu, 30 November 2013

Tips and Trik merawat PLECI

Tips and Trik merawat PLECI


Sering Kali kita melihat Gacoan kita saat di trek atau di gandeng dengan Pleci hanya bertingkah loncat2 atau kegelisihan . Hal ini di sebabkan oleh

1. Mental Pleci yan belum siap Mental dilingkungan sekitarnya.
Mengatasinya .... Biasakan selalu berpindah-pindah gantangan harian 'alau bisa biasakan untuk di gantang pada tempat yang Ramai....kemudian biasakan di bawa jalan2 ke tempat latberan ... Walau tidak di lombahkan .....setelah PC terlihat berani untuk berbunyi di tempat Ramai atau yg baru dan cepat beradaptasi ..... Silakan untuk di coba test latberana. 

2. Pleci loncat2 saat di gantang trek atau lomba
Perhatikan baik2 apakah PC loncat2 karena tdk nyaman di kandang atau Pakringannya .....Kalau menurut saya biasanya Pleci yang terlalu nakalloncat2 Faktor yang mempengaruhi adalah Keadaan Sangkar yang terlalu luas kemudian jarak pakringan palingg atas terlalu tinggi dengan atap ......solusinya ....... Coba rubah modelpakringan dengan sistim silang ...dan carilah Kandang yg bagian atap jangan berbentuk kubahh .....tetapai yang Rata saja ....***


3. Pleci cari-cari makan saat ditrek atau di lomba. Bagaimana Mengatasinya .....ini sedikit pengalaman saya ,
Biasakan sebelum Pleci di gantang dikondisikan untuk kencang atau di suapi dengan EF yang di sukai ...seperti UH , Cacing ...sampai PC tersebut benar2 tdk mau menyentuh lagi.
Biasakan Kondisi kandang sebelum di gantang dlam keadaan Bersih ,baik itu alas atau jerujinya .....saya biasanya 2 kelas sebelum gantang ....selalu membersihkan Kandang , alas kandang , dan jeruji kandang dr sisa2 makanan atau Buah yg nempel.  yang pasti pemberian Buah , bagi saya sangat wajib , selain untuk menghindari penumpukan makanan mengandung Karbohidrat tinggi juga sebagai asupan vitamin.

4. Buah-buahan Untuk PLeci
Sepertin yang Kita ketahui Burung kacamata ini merupakan Burung yang berkoloni hinggap dari satu Pohon ke Pohon lain untuk mencari makan baik itu serangga atau Nektar , dan buah-buahan yang Ranum.
Berikut ini Buah-buahan yang sering saya gunakan untuk PLeci saya ,
01. Jeruk Madu - ( jeruk ini kecil dan sangat manis , biasanya saya berikan pada Pleci di hari Yang terik atau saat cuaca Hujan , atau persiapan H-1 untuk lomba , alasan nya karena kita semua tau Jeruk mengandung Vitamin C yang dapat meningkatkan anti imun , serta melancarkan pencernaan,)
02. Tomat , Untuk menjernikan suara serta kandungan Vitamin C yg tinggi juga
03. Pepaya sebagai makanan Diet alami
04. Apel , Vit C yang tinggi juga
05. Ketimun untuk menurunkan birahi
06. Pisang Kepok , usahakan pemberian yang sdh matan
Pengunaan Buah untuk Pleci rawatan saya aplikasikan sesuai kondisi cuaca dan karakter dari PLeci kita ...
kalau Terlalu nakal atau saat di trek terlalu semangat, biasanya saya berikan Tomat atau Ketimun
kalau terlalu lesu , saya berikan jeruk
kalau terlalu gemuk saya berikan Pepaya
Kalau Cuaca hujan , Jeruk atau apel
Kalau Cuaca Panas sya berikan Jeruk atau Ketimun


Salam Ngalas Tanpa Batas

 
SUMBER
Andy KM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar